Minggu, 13 April 2014

Sejarah LPI Al Fatih Bengkulu

Al Fatih Press... Generasi muda muslim merupakan salah satu faktor penentu masa depan Ummat Islam. Keberhasilan dalam membangun generasi penerus Islam yang berkualitas akan sangat menentukan tegaknya Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta. Setiap manusia telah diberikan potensi dan bakat oleh sang Pencipta, tapi tidak semua manusia bisa menyalurkan potensi dan bakatnya itu kedalam hal yang lebih positif. Oleh karena itu sangat perlu dilakukan pengarahan sistematis dimana kita menjadi tahu apa potensi kita dan bagaimana cara menyalurkannya sehingga menjadi karya yang produktif.

Allah Berfirman : “ Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). “ ( QS. Lukman : 17 ).

Oleh karena itu kami LPI Al Fatih Bengkulu hadir untuk memberikan pelayanan dalam dakwah dan pendidikan. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Rasulullah SAW dan Para Sahabat dalam melakukan kebaikan. Khususnya dalam mengajak Insan untuk melakukan kebaikan dan mencegah kemungkaran. Lembaga Pendidikan Islam ( LPI ) Bengkulu didirikan pada tanggal 13 Maret 2013 bertempat di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Setelah terbentuk Lembaga Pendidikan Islam maka diadakan dauroh dakwah yang diadakan di UNIB dan Ma’had Rabbani Tanah Patah mendatangkan ustad H.M.Fathuddin Ja’far, MA, Prof. DR. Ing.H. Misri Ghozan, M.Tech, Ustad H. Sigit Pronowo, Lc, Al Hafidz, Ustad Mashadi dari Jakarta dan Ustad H. Muhammad Syamlan, Lc dari Bengkulu. Lembaga Pendidikan Islam ( LPI ) Bengkulu pada awalnya memiliki bidang PSDM, Syiar, Ekuin, Kesetariatan, dan Diklat. 

Lalu kemudian terjadi perubahan dalam bidang LPI itu sendiri. LPI memiliki hanya sebuah departemen yaitu : Pengembangan Sumber Daya Manusia ( PSDM ) yang melakukan fungsi kontrol dan koordinasi terhadap dua cabang dakwah yakni Dakwah Kampus dan Dakwah Sekolah. Anggota Dept. PSDM dibagi menjadi dua fungsi yakni Bagian Tarbiyah dan Bagian Ta’lim yang nantinya menjalin kerjasama dengan bagian tarbiyah dan ta’lim di kampus dan sekolah lain. Yakni di UNIB, DEHASEN, UMB, TMS, Poltekes dll. Serta di sekolah-sekolah yang ada di Kota Bengkulu. Dalam setiap kampus terdapat Rijalul Dakwah ( RIDA ) yang bertujuan untuk : Melakukan dakwah Islamiyah di kampus, melakukan pengkaderan, melakukan tarbiyah dzatiyah, mengadakan ta’lim dan melakukan silaturrahim serta koordinasi dengan LPI Pusat. Sekarang Lembaga Pendidikan Islam ( LPI ) Bengkulu yang berada di IAIN Bengkulu berganti nama menjadi LPI Al Fatih Bengkulu. Hal ini ditandai dengan diadakannya TRI GI angkatan pertama pada tanggal 23-24 Januari 2013 bertempat di Pusdiklat UMB selama dua hari satu malam. 

Lalu TRI GI angkatan 2 tanggal 25-26 Mei dan TRI GI angkatan 3 dilaksanakan tanggal 2-3 November 2013. Para alumni TRI GI , alhamdulillah mereka diadakan pembinaan rutin setiap pekannya untuk membentuk generasi yang mencintai dan dicintai oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Kegiatan pembinaan untuk menambah pemahaman ilmu agama Islam. Kegiatan pembinaan antara ikhwan dan akhwat dipisah. Selanjutnya, setiap anggota Lpi Al Fatih Bengkulu diharuskan untuk bisa mengajar baik di sekolah maupun di masyarakat. Karena Lpi Al Fatih memiliki program AL FATIH MENGAJAR . Sekarang gerakan Al FATIH MENGAJAR sudah memiliki 2 tempat di Panti Asuhan Swasta Mandiri Bengkulu dan TPQ Qiyamul Iman di Kab. Seluma. Tidak hanya itu saja hampir keseluruhan anggota Lpi Al Fatih sudah mengajar baik di sekolah, TPQ dan MDA serta menjadi guru Privat melalui BIMBEL AL FATIH. Anda berminat, MARI BERGABUNG! . Semoga bermanfaat.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar